PREVIEW MU-BIRMINGHAM: AWAL YANG INDAH ATAU PAHIT BAGI MU?

Fergie vs McLeishBarclays Premier League kembali bergulir. Tidak terasa hampir 3 bulan kita tidak merasakan hingar bingar ketatnya kompetisi yang diakui sebagai liga nomor satu di dunia. Newcastle United , Middlesbrough dan West Brom telah terlempar dari persaingan dan digantikan dengan Birmingham, Wolverhampton dan Burnley.

Secara kualitas kita sangat kehilangan hegemoni Newcastle dan The Boro yang selama beberapa tahun sering menyulitkan tim-tim papan atas. Masuknya tiga tim baru tampaknya belum bisa disejajarkan oleh kedua tim yang terlempar tahun lalu. Mungkin sedikit mengharapkan kejutan untuk melihat lebih lama kiprah Birmingham, Wolverhampton dan Burnley di Barclays Premier League.

Birmingham City. Ya… klub yang satu kota dengan Aston Villa ini sering kali promosi dan degradasi di kancah persepakbolaan Inggris. Cukup setahun mereka merasakan persaingan di Championship League sebelum musim ini balik ke Premier League. Pada tahun sebelumnya (read: 2007/2008) mereka terseok di urutan 19 BPL pada tahun pertama setelah promosi dari Championship League musim sebelumnya. Musim ini mereka pasti telah mengambil pelajaran dari pengalaman beberapa tahun terakhir ini.

Awal perjalanan Birmingham musim ini berat. Di pertandingan pertama mereka langsung menghadapi obsesi ManchesterUnited, yang ingin meraih juara ke-4 berturut-turut dalam 4 tahun terakhir. Manchester United pun akan menjalani pertandingan pertamanya di BPL tanpa seorang Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez. Hengkangnya mereka membuat para pemain yang selama ini menjadi lapis kedua akan menunjukkan kemampuan terbaiknya, salah satunya Nani. Nani diperkirakan akan menempati pos kiri yang ditinggalkan Ronaldo. Pelapis Nani di posisi ini bisa jadi adalah pemain muda nan potensial, Zoran Tosic. Gelandang Serbia ini telah menunjukkan tajinya di uji coba pramusim. Di gelandang kanan, MU telah memiliki amunisi baru. Dia Luis Antonio Valencia.

Antonio Valencia merupakan gelandang lincah asal Ekuador. Gerakannya digadang-gadang menyamai gerakan Ronaldo ketika di MU. Namun satu hal yang masih kurang dari Valencia yaitu urusan mencetak gol. Ukuran gol Valencia masih terbilang minim. Di Wigan selama tiga musim, ia hanya mencetak 7 gol. Namun Fergie yakin Valencia kehebatan Valencia akan terasah di klub yang ia tangani. Apalagi kini MU diyakini akan kembali mengandalkan kekompakan tim setelah dua musim sebelumnya terlalu bergantung kepada Ronaldo.

Pertandingan melawan Birmingham Minggu (16/8) besok, MU tampil tanpa Vidic dan VDS. Kemungkinan pula MU tidak diperkuat Foster yang cedera setelah pertandingan melawan Chelsea minggu lalu. Nani pun diperkirakan masih diistirahatkan setelah minggu lalu bahunya berbenturan dengan pemain Chelsea. Ketidakhadiran beberapa pemain MU tersebut nampaknya tidak berpengaruh banyak akan kekuatan klub bermarkas di Old Trafford tersebut.

United masih akan mengandalkan Ferdinand dan Evans di pos belakang, serta Evra dan O’Shea di posisi sayap. Untuk gelandang, Carrick masih diandalkan untuk menjaga keseimbangan tim. Untuk menemani Carrick, Fergie tampaknya akan mempercayai Fletcher yang musim lalu tampil cukup impresif di laga-laga penting MU. Sayap kanan jelas milik Valencia yang akan menjalani debutnya. Untuk sayap kiri, Park cukup ideal menggantikan posisi Nani. Peran Valencia dan Park inilah yang diharapkan oleh Berba dan Rooney untuk menyuplai bola-bola udara dan datar ke lini pertahanan Birmingham untuk diselesaikan oleh kedua bomber tersebut.

United tidak boleh lengah dan menganggap remeh Birmingham. Dibawah asuhan Alex McLeish, Birmingham pernah merepotkan MU pada musim 2006/2007. Walau akhirnya kalah, Birmingham membuat MU hanya menang 1-0 baik di kandang maupun tandang.

Musim ini punggawa Birmingham masih menyimpan nama-nama besar. Birmingham diperkuat mantan bek Newcastle, Stephen Carr dan mantan pemain Fulham Franck Queudrue. Mereka kokoh di lini belakang Birmingham bersama Ridgewell dan Taylor. Kehadiran pemain gaek Lee Bowyer dan Barry Ferguson di lini tengah di perkirakan juga akan membuat serangan mereka bervariasi. Ditambah pula kehadiran penyerang baru asal Ekuador, Cristian Benitez untuk menemani Marcus Bent di lini depan.

Dari perbandingan kekuatan di atas, terlihat MU masih memiliki kekuatan yang merata di semua lini dan ini masih lebih baik dari Birmingham, walau ini bukan ukuran mutlak bahwa MU akan menang besar. Ingat musim lalu, tim-tim semenjana setara Birmingham memiliki taktik bertahan yang cukup efektif untuk menahan serangan Manchester United.

Mampukah McLeish menerapkan strategi yang tepat guna meredam gedoran sayap kiri dan kanan MU pasca kepergian Ronaldo? Atau mungkin Fergie telah menemukan cara jitu untuk menjebol gawang Birmingham lebih banyak lagi?

Mengingat dalam 3 musim terakhir MU mengawali kompetisi dengan kurang baik, rasanya lagi-lagi skor tipis bagi MU pantas mengakhiri partai awal bagi kedua tim ini.

HEAD TO HEAD MANCHESTER UNITED VS BIRMINGHAM CITY

H2H Birmingham

Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: